Calon Sulit Menang Satu Putaran

Written By Ambononline.com on Jumat, 18 Maret 2011 | 00.47


Ambon: Pemilihan Wali Kota Ambon medio Mei 2011 mendatang diprediksi berlangsung dua putaran. Kekuatan basis massa yang hampir merata membuka lebar peluang masing-masing calon yang dipastikan akan lolos bertarung dalam bursa pemilihan nanti. Demikian pendapat Guru besar Fisip, Unpatti Tony Pariela.
Meski masih dalam tahapan verifikasi, ia memperkirakan perebutan suara akan berlangsung ketat, dan akan menyulitkan calon untuk memperoleh suara mayoritas untuk menang dalam satu putaran. “Saya kira dua putaran. Itu yang rasional. Sampai saat ini peluang pasangan berimbang. Tinggal masing-masing calon berjuang untuk memperbesar peluang. Modal dasar, tentu dimiliki tiap calon,’’kata Pariela. Saat ini, ada Sembilan pasangan mendaftar di KPU Kota Ambon.
Mereka adalah, Hesina Johana Huliselan-Macfud Waliulu (Demokrat, Hanura, Karya Perjuangan, PDK, dan PKPI), Richard Louhenapessy-Sam Latuconsina (Golkar, PPP, PBR, Gerindra dan PDS), Olivia Latuconsina-Andre Hehanussa (PKS, PAN dan PBB), Lukas Wattimury-Hero Drachman (PDIP. Kedaulatan dan PPPI) Paulus Kastanya-La Hamsidi (parpol non seat), Ramly Faud-Stamford Puturuhu (Parpol non seat), Abraham Pakel-Saidin Ernas Perseorangan), Daniel Palapia-La Suryadi (perseorangan), dan Feri Wattimury-Awath Ternate (perseorangan).
Dia memperkirakan dari hasil verifikasi KPU, satu atau dua pasangan bakal calon akan digugurkan karena kendala administrasi pencalonan. “Yang lolos tinggal bagaimana memperbesar peluang. Sampai saat ini memang masih jauh untuk memprediksi siapa yang kuat dan siapa yang menang. Kalau sembilan pasangan lolos, distribusi suara menyebar kemana-mana. Kecuali ada pasangan yang cukup kuat sehingga ada konsentrasi suara mengarah pada yang bersangkutan,’’ terang dia.
Masyarakat akan merespon pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Ambon setelah ada penetapan KPU soal verifikasi administrasi.’’Mungkin saja belum waktunya publik merespon terhadap dinamika politik. Setelah verifikasi, ada kepastian siapa pasangan yang resmi menjadi peserta pemilihan Wali kota, dinamika akan semakin ramai,’’kata Pariela. (Sumber: Ameks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita lain