Listriki Daerah Terpencil, PLN Gunakan PLTS & Lampu SEHEN

Written By Ambononline.com on Kamis, 21 April 2011 | 20.17

Ambon - Untuk menerangi daerah terpencil di Provinsi Maluku, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengeluarkan inovasi baru, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mandiri serta lampu Super Hemat Energi (SEHEN) untuk mengurangi pengeluaran PLN jika dibandingkan dengan menggunakan solar.
Hal tersebut diungkapkan General Manager PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, I Nyoman S. Astawa kepada wartawan di Ambon, Rabu (20/4).
Dikatakan, PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara sudah melakukan uji coba penggunaan lampu SEHEN tersebut di Pulau Selaru, Kecamatan Adaut Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN.
"Melalui program tersebut, kita memberikan bantuan lampu SEHEN lengkap dengan panel surya yang dipasang pada 100 rumah penduduk di pulau tersebut," katanya.
Nyoman menjelaskan, program ini sudah diujicobakan oleh PT. PLN di daerah-daerah terpencil di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
"Di sana PLN sistemnya, yaitu masyarakat yang ingin mendapatkan lampu dan panel surya tersebut tidak perlu membayar apa-apa. Hanya dengan membuka tabungan di bank daerah setempat dengan deposit Rp 500 ribu, nantinya masyarakat akan mendapat tiga lampu serta panel surya. Sistem pembayaran dari program PLN ini adalah dengan memotong deposit tabungan yang ada di bank tadi sekitar Rp 35 ribu sebulan, jika tabungan sudah mencapai Rp 100 ribu masyarakat diimbau untuk mengisi lagi tabungannya, jika tidak panel surya serta lampunya akan ditarik oleh PLN," jelasnya.
Menurutnya, sasaran program pemanfaatan lampu SEHEN dan PLTS komunal maupun PLTS mandiri ditujukan kepada daerah terpencil yang tidak dapat disentuh dengan jaringan listrik.
"PLTS Mandiri adalah sistem penerangan dengan satu panel surya dan tiga lampu SEHEN dan itu digunakan untuk satu rumah atau satu pelanggan, sedangkan PLTS Komunal adalah sistem penerangan untuk satu pulau dengan sistem yang sama, tapi digunakan untuk satu pulau," ungkapnya.
Nyoman mengatakan, PLN di tahun 2011 ini kembali dengan salah satu program unggulan, yaitu dengan penggunaan seratus persen energi surya untuk menyalurkan listrik ke seratus pulau terdepan, terutama pulau-pulau yang banyak tersebar dan berada di Kawasan Timur Indonesia.
"Khusus di wilayah PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, tercatat pulau-pulau terpencil yang bakal dibangun PLTS pada tahun 2011 ini sebanyak 30 pulau yang tersebar di PLN Cabang Ambon sebanyak sembilan lokasi, PLN Cabang Tual 18 lokasi dan PLN Cabang Ternate 12 lokasi, yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 4.700 kilo Watt peak (kWp)," katanya. (S-12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita lain