Kondisi Membaik, Pariwisata Menggeliat

Written By Ambononline.com on Rabu, 28 September 2011 | 09.44

KONDISI di Kota Ambon, Maluku, sudah semakin membaik dengan aktvitas warga yang berjalan normal. Sementara itu, kegiatan pariwisata di Kota Ambon cukup padat. Sejumlah agenda pariwisata nasional maupun internasional bakal berlangsung di Maluku dalam waktu dekat ini.
Dengan suasana yang makin kondusif, para wisatawan diharapkan mau berkunjung untuk menikmati pariwisata di Ambon.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ambon, Piet Ohman meminta masyarakat untuk menciptakan kedamaian di Kota Ambon sehingga semua event termasuk karnaval budaya bisa berjalan sukses.
Kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan semangat bela negara, secara khusus di kalangan generasi muda agar mengenal sejarah perjuangan bangsa di zaman dahulu.
“Semangat bela negara perlu terus ditumbuhkan di kalangan anak muda, yang saat ini terkesan sudah melupakan sejarah Indonesia termasuk Kota Ambon dan terbuai dalam budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian,”terangnya.
Dikatakan, budaya dari 20 suku di Tanah Air akan ditampilkan masyarakat yang telah bermukim di Maluku melalui paguyuban-paguyuban tetap yang diwarisi sebagai warisan leluhur yang dijunjung tinggi dan diwariskan turun-temurun sehingga memperkaya kebudayaan maupun kesenian Maluku sebagai cerminan Bhinneka Tunggal Ika.
Dia mencontohkan, telah menghubungi masyarakat asli Ponorogo yang menjadi transmigran di Desa Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), untuk menyajikan kesenian Reog mewakili pulau Jawa, tarian dari Toraja(Sulawesi) dan Sumatra dengan sejumlah tarian dan kesenian yang tetap dilestarikan biar telah menjadi warga Maluku.
“Ini adalah potensi keberagaman yang akan menyatukan Indonesia melalui kebudayaan dan kesenian yang suku lainnya di Tanah Air sebagai aset di bidang pariwisata,”jelasnya.
Ia berharap adanya karnaval budaya, sehingga terjalin interaksi strategis yang memperkaya khasanah budaya nasional sebagai aset pariwisata berprospek menjaring wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita lain