Program Diversifikasi Daya Gratis Kurang Ditanggapi Masyarakat

Written By Ambononline.com on Kamis, 21 April 2011 | 20.19

Program penambahan daya atau diversifikasi secara gratis kepada para pelanggan dengan kapasitas terpasang dari 450 VA menjadi 1.300 VA dan 2.200 VA yang diberlakukan sejak 1 Maret, ternyata kurang ditanggapi oleh masyarakat.
“Terus terang animo masyarakat kurang terhadap program ini, padahal proses penambahan daya tersebut secara gratis dilakukan oleh PLN,” kata  General Manager PT Persero PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, I Nyoman Astawa di Ambon, Rabu.
Karena itu, lanjutnya, PLN akan memperhatian para pelanggang yang mempunyai daya terpasang di rumah hanya 450 VA tetapi pemakaiannya cukup besar.
“Sudah pasti ada sesuatu sehingga yang bersangkutan tidak mau menambah daya terpasang, sementara pemakaiannya cukup besar,” katanya.
Dia menegaskan, jika dalam penelitian ditemukan pelanggan yang memiliki daya terpasang hanya 450 VA tetapi biaya tagihannya lebih besar dari semertinya, maka pihaknya akan melakukan penelusuran guna mengetahui penyebabnya.
“Kami khawatir mereka tidak mau mengalihkan daya yang terpakai karena meterannya sudah dijebol sehingga memungkinkan pemakaian menjadi lebih besar. Jika ini terjadi maka kami akan mengambil tindakan tegas, termasuk pemutusan aliran listrik,” katanya.
Menurutnya, sejak diberlakukan perogram tersebut di Ambon, baru 600 pelanggan yang melakukan pengalihan daya dari 16.000 pelanggan yang ditargetkan PLN Wilayah Maluku.
Program ini tidak diberlakukan kepada pelanggan yang mempunyai kapasitas terpasang 450 VA dan ingin menambah daya ke 900 VA dan 1.300 ke 2.200 VA.
“Pokoknya berapa banyak pelanggan di wilayah PLN Cabang Ambon yang ingin menambah daya terpasang siap dilayani,” katanya.
Sedangkan biaya pemasangan baru untuk kapasitas terpasang 450 VA sebesar Rp337.000, kapasitas 900 VA Rp 674.000 dan untuk kapasitas 1.300 VA Rp 1.011.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita lain